SKRIPSI

File Icon

K U A L IT A S P E L A Y A N A N P U B L IK D A L A M P E M B U A T A N KARTUKELUARGAPADADINASKEPENDUDUKANDAN CATATANSIPILKABUPATENBOALEMO

Tanggal Upload: 29/05/2025

Penulis / NIM:
NUR'AIN DAHIBA / S2116083

Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan

Tahun Akademik:
2020

Kata Kunci:
Kualitas pelayanan publik, dinas kependudukan dan catatan sipil.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik pada dinas kependudukan dancatatan sipil kabupaten boalemo dalam hal pembuatan kartu keluarga dan untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik pada dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten boalemo. Dalam penulisan metode kali ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam, observasi,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam suatu persoalan kualitas pelayanan tantangan yang dihadapi oleh dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten boalemo antara lain mewujudkan membangun kerjasama,nyata,dan suatu pertanggung jawaban sebagai kepemimpinan yang baru .Dari keadaan dan tantangan tersebut maka perlu adanya penyelesaian agar tercipta kualitas prima dalam sumberdya aparatur, sumber keuangan sertasarana dan prasarana memadai, sehingga bisa meningkatkan dan membangun kemampuan serta kehidupan masyarakat dengan adanya strategi dan program yang ada. Pelaksanaan pelayanan publik yang dihubungkan dengan harapan masyarakat menjadikan dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Boalemo yang maju, mandiri melalui pendekatan pembangunan daerah, kemudian dihadapkan dengan berbagai permasalahan, kendala serta keterbatasan-keterbatasan sebagaimana layaknya daerah-daerah lain yang tengah tumbuh dan sesuai dengan perkembangan dinamikanya. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik pada dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten boalemo harus mampu membuat sebuah terobosan baru terkait upaya percepatan pelayanan publik di Kabupaten Boalemo, yang diberi nama TUMOPAT (Tuwawu,Motapu,Wopato), atau dalam satu pelayanan, terbit empat dokumen administrasi kependudukan pada setiap warga yang hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam
Berkas Lampiran
Unduh File