PENGARUH LAYANAN PURNA JUAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SEMERU TEKNINDO LESTARI
Tanggal Upload: 16/06/2025
Penulis / NIM:
MOHAMAD AKBAR PULUKADANG / E2120073
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
layanan purna jual, kualias produk, kepuasan pelanggan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Layanan purna jual (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada PT. Semeru Teknindo Lestari Gorontalo. Metode yang digunakanan di dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Penentuan populasi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Sensus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, waWancara, kuesioner dan Dokumentasi, dan Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel Layanan purna jual (X1) dan kualitas produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan
(Y) pada PT. Semeru Teknindo Lestari Gorontalo yaitu sebesar 0,491 atau 49,1%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa Layanan purna jual (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan (Y) pada PT. Semeru Teknindo Lestari Gorontalo yakni sebesar 0.482 atau 48,2%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan Kualitas produk (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada PT. Semeru Teknindo Lestari Gorontalo yakni sebesar 0.324 atau 32,4%.