SKRIPSI

File Icon

STRATEGI PEMASARAN USAHA TANAMAN HIAS (Studi Kasus Kebun Raudah Bunga l Desa Pone Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo)

Tanggal Upload: 05/06/2025

Penulis / NIM:
ABDUL FAZRI TULADENGGI / P2217019

Program Studi:
S1 Agribisnis

Tahun Akademik:
2021

Kata Kunci:
pemasaran, strategi, usaha tanaman hias

Abstrak:

Penelitian ini dilakukan pada usaha Kebun Raudah Bunga I Desa Pone Kecamatan Limboto Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam pemasaran usaha tanaman hias di Kebun Raudah Bunga I. Adapun metode yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah observasi dan wawancara mendalam (In depth Interview). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran usaha tanaman hias di Kebun Raudah Bunga I, sedangkan untuk jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Analisi SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal sehingga dapat merumuskan strategi dalam usaha ataupun perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT maka strategi yang dapat di lakukan dalam pemasaran usaha tanaman hias Kebun Raudah Bunga I adalah strategi SO, karena strategi ini lebih memanfaatkan seluruh kekuatan yang ada dengan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Kekuatan dan peluang yang dimanfaatkan tersebut adalah: 1) S1, Memanfaatkan modal usaha yang milik sendiri, dengan 2) S6, Meningkatkan tanaman yang digemari oleh konsumen dengan tanaman yang beda dengan pesaing. 3). S2, Memanfaatkan pengalaman pemilik dalam menjalankan usaha sehingga, 4). O3, dapat meningkatkan permintaan pembuatan taman, 5) O2, dengan diskon atau potongan harga yang diberikan, 6) S3, serta harga tanaman yang terjangkau, 7) S4, sehingga bisa menambah mitra usaha.
Berkas Lampiran
Unduh File