STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN GORONTALO
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
MOCH. RIZKY AULIA HUNTA / S2217023
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
strategi komunikasi, gangguan dan masalah, pelayanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang di lakukan kantor Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Gorontalo dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan observasi dan wawancara dengan menggunakan analisis data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang di lakukan kantor PDAM Kabupaten Gorontalo harus terus berusaha meningkatkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal ini pelanggan secara optimal. Tetapi masih ada beberapa gangguan dan masalah yang terjadi pada saat memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga situasi tersebut cukup mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat yang dapat dilihat dari pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan, dan peranan komunikator. Adapun saran yang di berikan oleh peneliti adalah Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Gorontalo Sebagai sebuah organisasi satu-satunya penyedia kebutuhan air bersih bagi masyarakat agar dapat lebih memaksimalkan penyusunan dan perencanaan strategi komunikasi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan khususnya terkait keluhan mengenai penyediaan air bersih.